Pascal‎ > ‎

Write dan WriteLn

Fungsi Write dan WriteLn di pascal digunakan untuk mencetak ke layar monitor.

Write artinya tulis; WriteLn artinya tulis lalu setelah selesai, tulis baris baru

Write

Untuk mengerti kegunaan perintah write, sila diperhatikan kode sumber berikut:

begin
write('Hallo Dunia!');
end.

Kode  diatas akan menampilkan tulisan Hallo Dunia! pada layar komputer Anda. Perhatikan bahwa kalimat yang ingin ditulis ke layar harus ditulis didalam/diantara duabuah tanda kutip satu ( ' ). Jika Anda ingin menampilkan tanda kutip satu di layar, Anda harus meng-escape nya dengan menambahkan sebuah tanda kutip satu lagi. Untuk lebih mengerti, sila lihat kode sumber berikut:


{demo mencetak ' (tanda kutip satu)}
begin
write('Al-Qur''an');
readln;
end.


Perhatikan bahwa kata Al-Qur'an ditulis menjadi Al-Qur''an, dengan dua buah tanda kutip satu, untuk menghindari Pascal mengira bahwa tanda kutip antara huruf r dan a pada kata Al-Qur'an adalah akhir dari huruf yang harus dicetak ke layar. Perhatikan juga bahwa saya menambahkan readln di baris ke-empat agar layar tidak langsung menutup, tapi menunggu user menekan tombol Enter dahulu sebelum program berakhir. Ini berguna jika Anda tidak menggunakan CMD saat menjalankan program, melainkan menggunakan perintah run dari Turbo Pascal.






WriteLn

WriteLn artinya WriteLine, maksudnya adalah write lalu new-line. Sederhananya, WriteLn berguna untuk mencetak dilayar dahulu (sama seperti write) lalu setelah selesai dicetak, ditambahkan baris baru. Ingat: Baris baru ditambahkan setelah selesai dicetak, bukan sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, coba jalankan kode sumber berikut:

{
demo perbedaan Write dengan WriteLn


WriteLn artinya write dahulu, lalu kasih Line (baris baru)
setelah selesai ditulis semuanya.

}

begin
write('Al-Qur''an');
writeLn(' dan Hadits');{perhatikan ada spasi diawal}
end.






ċ
write1.PAS
(0k)
Muhammad Jazman,
15 Dec 2010, 05:48
ċ
write2.PAS
(0k)
Muhammad Jazman,
15 Dec 2010, 05:48
ċ
write3.PAS
(0k)
Muhammad Jazman,
15 Dec 2010, 05:48
Comments