Pascal‎ > ‎

Parameter: Jumlah

Parameter adalah input yang diberikan oleh pengguna saat memanggil file executable kita. Dengan parameter, kita dapat membuat program kita menjadi lebih interaktif dan dinamis, dan dapat juga di pipe dan diredirect di konsol.

Intro

Contoh parameter yang paling terkenal di DOS adalah /? dan di linux adalah --help , yang biasanya digunakan untuk menampilkan bantuan (help) atas perintah yang dimaksud.

Pada artikel ini, anda dapat melihat sebuah contoh program sederhana di pascal untuk menjumlahkan bilangan. Copy-paste kodesumber di bawah ini, lalu simpan ke sebuah file teks jumlah.pas, sehingga setelah file pascal ini anda compile, akan tercipta file jumlah.exe. Jalankan dengan CMD, seperti terlihat pada gambar.

Jika Anda ingin dapat digunakan selalu oleh CMD Anda, anda dapat menambahkan ke Environment Variable PATH anda atau sederhananya cukup dengan mengkopinya ke %SYSTEMROOT%\SYSTEM32\ yang biasanya di C:\WINDOWS\SYSTEM32 di Windows Anda.


var n:byte;i,j:longint;code:integer;
begin
  if paramcount = 0 then
    writeln('Cara pakai: JUMLAH ANGKA1 ANGKA2 ...')
  else
    for n:=1 to paramcount do
    begin
      val(paramstr(n),i,code);
      if code <> 0 then
        Writeln('Error at position: ', Code)
      else
        j:= j+i;
    end;
    writeln(j);
end.


adapun cara penggunaannya, setelah Anda simpan (misal: jumlah.pas) lalu Anda compile menjadi jumlah.exe, Anda dapat memanggilnya dengan JUMLAH 1 2 3 4 5 di CMD Anda.


Penjelasan Singkat:


variabel paramcount akan menyimpan banyaknya parameter yang dimasukkan oleh pengguna. Seperti terlihat di gambar, saat pengguna mengetikkan JUMLAH, artinya pengguna menjalankan file JUMLAH.EXE, file hasil kompilasi kita, tetapi tanpa parameter. Artinya: paramcount nya adalah nol

Di gambar yang sama, terlihat pengguna mengetikkan 
JUMLAH 1 2 3 4 5
yang artinya memasukkan lima buah parameter ke perintah JUMLAH kita. Paramcount akan bernilai 5, sedangkan paramstr adalah array (atau larik) yang menyimpan parameter kita. ParamStr(1) berisi string parameter pertama, yaitu string '1'. Ingat, walaupun kelihatan seperti angka (atau integer), tipenya tetap sebuah string. Makanya kita membutuhkan perintah VAL untuk mengubah string itu menjadi angka (Integer). 

Begitu seterusnya untuk ParamStr(2), yang berisi string parameter kedua, yaitu string '2'. ParamStr(3) berisi string parameter ketiga, yaitu string '3'.


ċ
jumlah.pas
(0k)
Muhammad Jazman,
20 Oct 2010, 10:34
Comments