Pascal‎ > ‎OOP‎ > ‎

01-Pengantar

Paradigma OOP merupakan paradigma bahwa pemrograman sebaiknya merepresentasikan obyek nyata yang ada didunia, dan tidak hanya prosedur dan fungsi yang selama ini dilakukan oleh pemrograman prosedural.

Untuk merepresentasikan sebuah obyek, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diketahui:
  • Enkapsulasi (pengkapsulan)
  • Instansiasi
  • Publik dan Privat

Enkapsulasi

Untuk lebih memahami enkapsulasi, bayangkan saja sebuah kapsul obat yang isinya komplit yang membuat sebuah obat dapat terpisah dengan obat yang lainnya. Sebuah Obyek juga seharusnya seperti itu, dia dapat dipisahkan dengan sesuatu obyek yang lain. Kapsul tadi memisahkan yang mana bagian obat tersebut, dan mana yang bukan. 

Instansiasi

Instansiasi itu ibarat membuat sebuah susu instan atau kopi instan yang dapat dibuat dengan cepat oleh air dingin. Instansiasi obyek juga harusnya gampang dilakukan dan akan membuat susu yang sama persis untuk setiap gelasnya selagi dari bungkus kapsul yang sama.

Publik (Public)

Barang publik adalah barang umum. Semua orang boleh memakainya dan tidak perlu harus bayar uang parkir atau uang sewa WC Umum. Sesuatu yang publik, "dapat" digunakan oleh semua orang.

Privat (Private)

Barang privat itu barang pribadi. Sebuah privasi untuk diketahui oleh obyek tersebut. Obyek lain seharusnya tidak dapat mengetahui apalagi menggunakan barang privat obyek yang lain.




Comments