Java‎ > ‎

Setting PATH untuk Java

Pengertian

PATH adalah sebuah Environment Variable yang menunjukkan urutan sebuah Operating System dalam mencari dimana lokasi sebuah file yang harus dijalankan olehnya saat user/pengguna memanggil.

Bahasa manusianya mahasiswanya: misal Anda memanggil nama seorang gadis: Bunga... si OS (baca: /ow-es/) a.k.a Sistem Operasi, misal: Windows, nanti akan mencari di bilik mana si Bunga berada. Bagaimana si OS tahu Bunga yang mana yang Anda inginkan? Tergantung dari urutan anda menyusun PATH tadi, sehingga jika ada lebih dari satu Bunga, OS hanya akan memberikan Bunga pertama yang ditemukannya berdasarkan isi Environment Variable PATH tadi.

Bagaimana Cara Mengatahui Urutan PATH sekarang?

Gunakan perintah SET pada CMD Anda, untuk menampilkan daftar Environment Variable yang telah terdaftar di OS Anda, jika OS Anda Windows. Di Linux, gunakan perintah EXPORT dan atau DEFINE, tergantung varian Linuxnya.



Untuk menambahkan JAVA ke dalam PATH Anda pada DOS a.k.a CMD, Anda dapat menggunakan perintah seperti berikut:
set PATH=C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_11\bin;%PATH%

perhatikan bahwa Anda mesti menyesuaikan dimana Anda menginstall JDK Anda. Perhatikan gambar dibawah, dimana JAVAC belum dikenali oleh CMD Anda, karena belum ditambahkan ke PATH


bandingkan dengan gambar dibawah, jika tempat instalasi JDK telah dimasukkan ke PATH, otomatis CMD tahu dimana mencari javac yang dimaksud:


Set PATH Secara Permanen

Set PATH dengan cara seperti di atas, hanya untuk sekali sesi CMD saja, untuk menyimpannya ke dalam Environment Variable, Anda harus mengklik kanan My Computer (dari Windows Explorer), lalu pilih Properties, lalu klik tab Advanced





Pada Tab Advanced tadi, di bagian bawah terdapat tombol Environment Variables (lihat gambar di atas). Klik tombol tersebut. Nanti akan keluar gambar seperti di bawah ini:


Anda punya dua opsi disini:
mengubah System Variable (yang di frame bawah), dengan men-double-click variable Path seperti yang sedang dipilih (berwarna biru) di gambar di Atas atau
mengubah User Variable yang hanya berlaku untuk user ini saja (Anda saja).

Pilihan pertama akan mengubah Environment Variable untuk semua orang yang login ke komputer ini, tentu saja ini hanya available jika Anda termasuk ke group Administrators.

Tambahkan tempat direktori bin nya java ke PATH tadi, dan jangan lupa tanda ; (semi-kolon a.k.a titik koma) sebagai pembatas. Di Linux, gunakan kolon (titik-dua) sebagai pembatas.



OK terus sampai tertutup semua jendela dialognya.

Nantinya, setiap Anda menjalankan CMD, otomatis Anda bisa langsung mengcompile java dengan perintah javac tanpa harus menset path terlebih dahulu.
Comments