Java‎ > ‎

Instalasi Java IDE

Java IDE (Integrated Development Environment) adalah software yang membantu Anda sebagai seorang programmer dalam membuat program dalam bahasa Java. Ada banyak IDE yang ada untuk Anda, dan semuanya memiliki nilai plus dan kurang tersendiri, dan tentu tools yang tepat juga butuh seberapa familiar Anda dengannya.

IDE yang populer diantaranya adalah:

Mana IDE yang "Lebih Baik"?

Pertanyaannya, IDE apa yang terbaik buat Anda jika Anda sama sekali baru di Java? Jawabannya: apa yang teman Anda gunakan, gunakanlah! Apa yang dosen Anda gunakan, gunakanlah. Karena dengan begitu, begitu Anda bertanya ke teman Anda, maka dia dapat dengan mudah membantu Anda dengan cepat, karena dia juga telah familiar dengan IDE yang sama dengan apa yang terpasang di komputer Anda.

Saran untuk Newbie

Sedikit saran, bagi pemula
  • Kurangi ketergantungan kepada software proprietary, karena software berbayar yang tidak open source biasanya melakukan perubahan yang lebih cepat atau lebih lambat daripada yang "otak" Anda dapat terima. Perubahan pada software tersebut biasanya harga mati, mau-tidak-mau Anda harus terima
  • Pelajarilah sedikit demi sedikit command shell (DOS, Linux Bash Scripting).
  • Cari solusi permasalahan Anda lebih dahulu di Internet. Besar kemungkinan ada orang di ujung dunia sana yang lebih dahulu menderita hal yang sama dengan Anda, dan kadang dia telah menemukan solusinya.
  • Jika Anda memecahkan masalah Anda, tulislah di blog Anda. Bukan hanya untuk orang lain, tapi lebih untuk menyegarkan pikiran Anda.
  • Anda tidak harus mengikuti jalan dewa. Maksudnya, jika Anda membaca tutorial dari dewa, tapi Anda memiliki "quick and dirty solution", mungkin solusi ini lebih baik bagi orang-orang awam lain. Para developer yang ada di "page one" nya google, biasanya sudah malang melintang di dunia persilatan, dan hal wajar jika gerak-gerik jurusnya membuat sakit kepala Anda.
  • Jangan beranggapan orang luar-negeri itu lebih pinter selalu dari orang Indo. Mereka juga manusia, banyak juga yang lebih bego dari Anda. *grin*
  • Tetap hargai orang lain, kadang mereka salah ketik, kadang mereka baru diputuskan oleh pacarnya, kadang mereka baru dipecat oleh atasannya. Tidak ada salahnya tetap berprasangka baik. Tapi, tetap saja banyak "tong kosong nyaring bunyinya"
  • Berlanggananlah ke forum, komunitas sesama programmer. Pelajari bahasa Inggris.
  • Feed RSS dari beberapa blogger terkenal. Gunakan feed reader yang "ringan", misal: Google Reader.

Comments